Fungsi Truss Rod pada Gitar

No Passion Project 🎸

Jika kita pergi ke toko gitar untuk berburu sebuah gitar baru, pastilah kita ingin mendapatkan sebuah gitar yang bermutu bagus dan tidak bermasalah.

Selain diteliti dari corak, warna, dan bentuknya, tentu Anda juga perlu menyeleksi gitar dari fisik maupun kelengkapannya.

Salah satu pengecekan yang harus dilakukan adalah dengan pengecekan pada kondisi setang gitar atau neck gitar, nah kali ini saya akan mencoba menerangkan sedikit tentang batang besi yang ada di dalam neck gitar atau sering disebut “truss rod”.

Kebanyakan orang tidak begitu tahu tentang truss rod atau besi yang melintang di setang gitar, karena secara fisik tidak terlihat dan memang tertanam di tengah-tengah setang gitar.

Adapun fungsinya adalah sebagai alat penyetem kelengkungan setang gitar. Dari sini pastinya dapat kita simpulkan, jika Anda membeli gitar dan meneliti ternyata setangnya melengkung, eits.. jangan keburu-buru bilang gitarnya ngak bener bos, itu bukan berarti gitarnya cacat atau tidak bagus, teliti dulu mungkin cuma penyetelan atau setting dari truss rod yang kurang pas dan tidak kena di hati kita.

Sebetulnya banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi setang gitar jadi melengkung, salah satunya karena faktor suhu dan cuaca yang lama kelamaan membuat kayu jadi melengkung.

Bisa terjadi karena mutu kayu yang kurang bagus sehingga mudah tertarik ketegangan senar gitar, ataupun perlakuan-perlakuan dari pemilik yang kurang hati-hati sehingga menyebabkan setang melengkung.

Di bawah ini adalah contoh truss rod yang tertanam di dalam setang gitar:

Besi tanam truss rod Letak truss rod yang tertanam pada fingerboard

Seperti yang sudah saya tulis di atas, banyak faktor yang mempengaruhi setang gitar menjadi melengkung dan anda tidak perlu khawatir karena setang gitar yang melengkung sebetulnya dapat disetel lagi dengan melakukan beberapa penyeteman di truss rod-nya.

Namun semua itu terpulang kembali pada Anda, karena ada yang suka setang gitar dalam posisi lurus, namun ada juga yang suka menyetem setang agak melengkung sedikit dengan berbagai alasan dan segudang teori.

Jika Anda bertanya kepada saya mana yang bagus, lurus atau melengkung, maka saya balikkan lagi kepada anda. Keduanya memang ada teorinya masing-masing dan jika Anda kurang puas bisa didiskusikan dengan masternya di berbagai macam forum internet yang membahas tentang gitar.

Macam-macam truss rod

Untuk gitar elektrik pada umumnya memiliki truss rod pada neck gitarnya, sedangkan untuk gitar akustik hanya ada beberapa saja tergantung model atau merk-nya.

Gitar akustik yang memiliki truss rod relatif lebih mahal dari pada gitar biasa yang tidak memiliki truss rod.

Ada berbagai macam truss rod yang beredar dipasaran, untuk itu saya akan memberitahukan beberapa macam truss rod yang ada antara lain:

  • Single truss rod
  • Non-adjustable truss rod
  • Dual action truss rod
  • Double truss rod, dan lainnya.

Mengapa gitar perlu dipasangi truss rod?

Beberapa orang menganggap bahwa:

  1. Kalau truss rod itu memperkuat batang neck gitar (tidak tepat)
  2. Jika neck gitar akustik yang memakai truss rod (khususnya) jika melenting bisa disetel lagi (tidak selalu)
  3. Gitar akustik yang memakai truss rod bisa dipastikan aman dan mantap (tidak sepenuhnya benar)

Pada prinsipnya posisi setang gitar tak ubahnya seperti sebuah kurva atau lengkungan yang ditarik secara horisontal oleh senar gitar, sehingga lama-kelamaan pasti posisi kayu jadi tambah melengkung jika kita memakai senar yang bertegangan kuat.

Berikut adalah contoh penyetelan truss yang longgar sehingga senar menarik kuat dan jarak senar jadi tinggi, karena posisi senar terlalu tinggi maka dapat menghambat sewaktu bermain gitar.

Truss rod longgar Truss rod longgar

Bedakan dengan contoh penyetelan truss rod yang terlalu kencang, sehingga senar tertarik kebawah, hal ini dapat mengakibatkan senar tidak dapat berbunyi karena beradu dengan fret saat kita petik.

Truss rod kencang Truss rod kencang

Contoh setelan yang ideal, di ujung agak rendah dan ditengah tidak terlalu tinggi sehingga senar dapat bervibrasi. Akan tetapi hal ini tidak mutlak seperti yang saya katakan, tergantung keenakan masing-masing.

Truss rod ideal Truss rod ideal

Alat yang diperlukan untuk menyetel cuma kunci L guna memutar besi dan sebuah obeng guna membuka mika penutup jika diperlukan. Penyetelannya akan saya utarakan secara singkat, detailnya pada artikel yang lain di web ini.

Kunci L Kunci L

Gunakan kunci L untuk memutar truss rod sehingga kelengkungan dapat diubah menurut kemauan kita. Lakukan dengan hati-hati, biasanya agak keras sewaktu memutarnya. Tekan fret pertama dan fret di ujung di mana setang dan bodi gitar bertemu.

Cara menyetel truss rod Cara menyetel truss rod

Lihat dari samping gitar maka anda bisa memperkirakan posisi kelengkungan yang diperlukan.

Apabila terdapat jarak antara senar dengan fret berarti neck-nya bengkok cekung, tapi jika tidak ada jarak antara senar dengan fret atau senar menempel semua dari fret 1 sampai fret 14 berarti kemungkinan neck tersebut lurus atau malah cembung.