Fungsi Truss Rod pada Gitar

/ HOBBIES 3 minutes read

Jika kita pergi ke toko gitar untuk hunting sebuah gitar baru, pastilah kita ingin mendapatkan sebuah gitar bermutu bagus dan tidak bermasalah.

Selain diteliti dari corak dan bentuknya, tentu anda juga akan menyeleksi gitar dari fisik maupun kelengkapannya. Salah satu pengecekan yang harus dilakukan adalah dengan pengecekan pada kondisi stang gitar atau neck gitar, nah kali ini saya akan mencoba menerangkan sedikit tentang batang besi yang ada di dalam neck gitar atau sering disebut “truss rod”.

Kebanyakan orang tidak begitu tahu tentang truss rod atau besi yang melintang di stang gitar, karena secara fisik tidak terlihat dan memang tertanam di tengah-tengah stang gitar.

Adapun fungsinya adalah sebagai alat penyetem kelengkungan stang gitar. Dari sini pastinya dapat kita simpulkan, jika anda membeli gitar dan meneliti ternyata stangnya melengkung, eits.. jangan keburu-buru bilang gitarnya ngak bener bos, itu bukan berarti gitarnya cacat atau tidak bagus, teliti dulu mungkin cuma penyetelan atau setting dari truss rod yang kurang pas dan tidak kena di hati kita.

Sebetulnya banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi stang gitar jadi melengkung, salah satunya karena cuaca yang lama kelamaan membuat kayu jadi melengkung, karena mutu kayu yang kurang bagus sehingga mudah tertarik ketegangan senar gitar, ataupun perlakuan-perlakuan dari pemilik yang kurang hati-hati sehingga menyebabkan setang melengkung.

Di bawah ini adalah contoh truss rod yang tertanam di dalam stang gitar

Truss Rod

Seperti yang sudah saya tulis diatas, banyak faktor yang mempengaruhi stang gitar menjadi melengkung, dan anda tidak perlu khawatir karena stang gitar yang melengkung sebetulnya dapat disetel lagi dengan melakukan beberapa penyeteman di truss rod-nya.

Namun semua itu terpulang kembali pada Anda, karena ada yang suka stang gitar dalam posisi lurus, namun ada juga yang suka menyetem stang agak melengkung sedikit dengan berbagai alasan dan segudang teori, jadi kalau anda bertanya kepada saya mana yang bagus, lurus atau melengkung maka saya balikkan lagi kepada anda, karena keduanya memang ada teorinya masing-masing, dan jika anda kurang puas bisa didiskusikan dengan masternya di berbagai macam forum internet yang membahas tentang gitar.

Macam-macam truss rod

Ada berbagai macam truss rod yang beredar dipasaran, untuk itu saya akan memberitahukan beberapa macam truss rod yang ada antara lain

  • Single truss rod
  • Non-adjustable truss rod
  • Dual Action truss rod
  • Double truss rod dan lainnya

Mengapa gitar perlu dipasang truss rod?

Pada prinsipnya posisi setang gitar tak ubahnya seperti sebuah kurva atau lengkungan yang ditarik secara horisontal oleh senar gitar, sehingga lama-kelamaan pasti posisi kayu jadi tembah melengkung jika kita memakai senar yang bertegangan kuat.

Berikut adalah contoh penyetelan truss yang longgar sehingga senar menarik kuat dan jarak senar jadi tinggi, karena posisi senar terlalu tinggi maka dapat menghambat sewaktu bermain gitar.

Truss rod longgar

Bedakan dengan contoh penyetelan truss rod yang terlalu kencang, sehingga senar tertarik kebawah, hal ini dapat mengakibatkan senar tidak dapat berbunyi karena beradu dengan fret saat kita petik.

Truss rod kencang

Contoh setelan yang ideal, di ujung agak rendah dan ditengah tidak terlalu tinggi sehingga senar dapat bervibrasi. Akan tetapi hal ini tidak mutlak seperti yang saya katakan, tergantung keenakan masing-masing.

Truss rod ideal

Alat yang diperlukan untuk menyetel cuma kunci L guna memutar besi dan sebuah obeng guna membuka mika penutup jika diperlukan. Penyetelannya akan saya utarakan secara singkat, detailnya pada artikel yang lain di web ini.

Kunci L

Prinsip dasarnya gunakan kunci L untuk memutar Truss Rod sehingga kelengkungan dapat diubah menurut kemauan kita, lakukan dengan hati-hati, biasanya agak keras sewaktu memutarnya, tekan fret pertama dan fret di ujung dimana stang dan bodi gitar bertemu. Lihat dari samping gitar maka anda bisa memperkirakan posisi kelengkungan yang diperlukan.

sigit

@S_Purwadi

I'm the admin, dude!
I’m still writing the bio which feels like the hardest thing I’ve ever written.

Read More