My Twitter Animated GIF Avatar

/ PERSONAL 2 min read

Selama ini saya telah menerima beberapa mention pertanyaan dan direct messages di akun twitter @S_Purwadi,

@S_Purwadi on twitter

Jika kamu datang ke sini dengan pertanyaan yang sama seperti contoh di atas, maka kamu berada di tempat yang tepat untuk mendapatkan jawabannya.

@S_Purwadi twitter

Sebelum semuanya menjadi rumit, saya akan membawa kalian mundur 5-6 tahun yang lalu saat animasi GIF sedang keren-kerennya.

Saat itu tidak ada cara termudah untuk membuat GIF selain membuatnya sendiri dengan Photoshop dan Photoscape, bagi sebagian orang tentu akan kesulitan untuk membuatnya.

Jauh sebelum Giphy lahir,

via GIPHY

orang-orang menyimpan gambar GIF ke dalam folder khusus untuk digunakan pada saat yang tepat. Tentu saja sangat dimungkinkan untuk mengunggahnya ke dalam twitter sebagai gambar profil (avatar).

Meskipun tidak diperbolehkan secara official, kita tetap bisa mengakalinya dengan cara mengubah rasio dan ukuran gambar dan mengunggahnya melalui unofficial third-party app/client.

Dengan rasio dan ukuran yang tepat (48px, 96px, 128px, 192px, 384px), kita bisa langsung mengujinya untuk mengetahui apakah berhasil atau tidak. Saat itu saya menggunakan third-party app/client yang saya buat sendiri dari Dabr.

Sedikit yang saya ingat, ukuran file avatar ini juga harus kurang dari 40kb. Apabila melebihi 40kb, gambar tetap terunggah tetapi tidak akan bergerak.

Kenapa Twitter memblokir GIF Avatar?

Kerumitan pun berlanjut. CEO BuzzFeed Jonah Peretti (@peretti) terlibat percakapan dengan Dick Costolo (@dickc), CEO Twitter pada waktu itu.

BuzzFeed

Salah satu artikel di BuzzFeed menjelaskan, percakapan tersebut ternyata berlanjut pada salah satu author BuzzFeed, John Herrman (@jwherrman). Dia bahkan membuatkan Dick Costolo sebuah avatar GIF yang akhirnya diteruskan oleh Carolyn Penner, salah seorang senior manager komunikasi di Twitter 1.

Tak lama setelah itu, celah GIF avatar ini pun akhirnya ditutup oleh @Twitter.

Sebagaimana seperti akun saya, orang-orang yang sudah terlanjur basah tetap bisa mempertahankan avatar hidupnya. Namun tidak dapat membuat atau mengunggah yang baru.

Hal tersebut berarti bahwa jika saya menggantinya, saya tidak akan pernah mendapatkan GIF avatar kembali. Meskipun sebenarnya saya ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih kece.

And as much as it deeply pains me to admit, it makes me feel cool and special to have a blinky thing no one else can have.

@S_Purwadi on twitter

Tidak banyak yang tersisa dari orang-orang dengan GIF avatar seperti ini. Kalian bisa melihat daftar akun dengan GIF avatar.

sigit

@S_Purwadi

I'm the admin, dude!
I’m still writing the bio which feels like the hardest thing I’ve ever written.

Read More