How To Animate (GIF) Your Twitter Avatar

❯_ Artcytech Dev.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang muncul di akun twitter @sgitsp, saya mau bikin klarifikasi tentang sebab musabab, bagaimana, apa, dan mengapa hal ini bisa terjadi.

@sgitsp on twitter

Jika kalian sengaja atau tidak sengaja datang ke blog ini dengan pertanyaan yang sama seperti contoh di atas, maka kalian berada di tempat yang tepat untuk mendapatkan jawabannya.

@sgitsp twitter

• • •

Baiklah, sebelum sampai pada inti permasalahannya, saya akan membawa kalian mundur 5-6 tahun yang lalu ketika gambar bergerak (GIF) sedang keren-kerennya.

Jauh sebelum anak IG hijrah ke Twatter orang-orang mulai bermain Twitter, pengguna forum internet pada zamannya sudah lebih dulu memakai trend gambar bergerak ini pada foto profil mereka.

Saat itu tidak ada cara termudah untuk membuat GIF dengan gambar/foto kita sendiri selain membuatnya langsung dengan bantuan software tertentu.

Meskipun (sebenarnya) Twitter secara official tidak melegalkan avatar dengan format ini, kalian tetap bisa mengakalinya dengan beberapa trik sederhana.

✨ Twitter, Please Do Your Magic! ✨ - Sigit Purwadi's Blog
Jika harus memilih, aplikasi media sosial mana yang harus saya hapus dari gadget, jelas bukan Twitter. Kalau Instagram, saya pernah menonaktifkan akun dalam beberapa bulan dan tidak masalah.

Pertama adalah dengan mengubah ukuran (size) dan rasio pada gambar GIF yang akan dijadikan avatar.

Sedikit yang saya ingat, ukuran gambar ini harus kurang dari 40kb.

Meskipun ternyata GIF yang kalian gunakan melebihi ukuran tersebut, gambar akan tetap terpasang di profil tetapi tidak akan bergerak.

Sedangkan untuk rasio, triknya adalah gunakan rasio kecil (mis: 32px, 48px, 96px), atau rasio sedang untuk mendapat kualitas gambar yang lebih halus.

Karena pemilihan rasio gambar ini akan berbanding lurus dengan size-nya, maka usahakan tetap mempertimbangkan rasio terkecil untuk mendapat angka yang kecil pada ukuran gambar.

Atau bisa juga dengan melakukan kompresi untuk mendapatkan ukuran gambar yang ditentukan (kurang dari 40kb).

Trik kedua adalah jangan mengunggahnya melalui official twitter client, baik melalui aplikasi Twitter (Android/iOS) maupun web/mobile client-nya (melalui browser).

Kenapa gaboleh? Karena Twitter secara otomatis akan mengkonversikan format GIF avatar yang kalian unggah menjadi format lain (jpg, png).

Sebagai catatan, saat itu saya menggunakan twitter client versi sendiri yang saya buat dari Dabr.

Kenapa Twitter Memblokir GIF Avatar?

Dari sinilah permasalahan itu dimulai..

Pada awalnya, CEO BuzzFeed Jonah Peretti (@peretti) terlibat percakapan dengan Dick Costolo (@dickc), CEO Twitter pada waktu itu.

BuzzFeed

Suatu artikel menuliskan bahwa percakapan tersebut ternyata berlanjut pada salah satu author BuzzFeed, John Herrman (@jwherrman).

John Herrman ini bahkan membuatkan Dick Costolo sebuah avatar yang akhirnya ditanggapi oleh Carolyn Penner, salah seorang senior manager di Twitter 1.

Tidak ada yang tahu pasti alasannya, tetapi tak lama setelah itu celah GIF avatar ini pun akhirnya ditutup. Tidak akan ada lagi GIF avatar baru di Twitter kalian!

And as much as it deeply pains me to admit, it makes me feel cool and special to have a blinky thing no one else can have.

Namun bagi mereka yang sudah “terlanjur basah” dengan format avatar ini masih tetap bisa mempertahankannya sampai sekarang, seperti yang kalian lihat pada akun @sgitsp.

Juga karena tidak banyak yang tersisa dari orang-orang dengan GIF avatar seperti ini, mereka lebih istimewa dari sekedar persaingan Anak Twitter Lama vs Anak Twitter Baru 😅

Kalian bisa melihat akun lain dengan GIF avatar yang masih tersisa dalam daftar akun yang saya kumpulkan di bawah ini:

Jedi of Twitter ⚔️
Twitterian w/ animated gif avatar. Archiving the last of the nearly extinct animated avatars.

  1. Katie Notopoulos (BuzzFeed): Why Twitter Banned GIF Avatars ↩︎