Cowok Juga Butuh!

The Y Chromosome

Kalian semua pasti setuju kalo merawat tubuh setiap hari adalah bagian kecil dari menjaga kesehatan diri.

Selain menjaga kesehatan dari dalam tubuh melalui makanan, nutrisi, atau vitamin yang kita konsumsi, perlindungan dari luar seperti menjaga kebersihan tubuh setiap hari juga mutlak diperlukan.

Untuk alasan itulah sekarang mulai banyak bermunculan jenis perawatan tubuh yang ditawarkan, mulai dari perawatan rambut, perawatan kulit dan kuku, perawatan wajah, sampai pada perawatan mulut dan gigi.

Khusus untuk merawat di bagian wajah, kebiasaan ini memang lebih sering dilakukan oleh kaum hawa karena kecantikan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Terus, bagaimana dengan para pria? Apakah kita perlu tampil cantik juga? Hmmm…

Topik Men’s Grooming saat ini kebanyakan tidak jauh dari seputar pakaian, gaya rambut, parfum, kumis dan jenggot. Untuk area kulit wajah saja misalnya hanya membahas seputar cara mengatasi jerawat dan cara merawat facial hair, sedangkan kulit tubuh secara umum jarang mendapat perhatian khusus.

Konsep perawatan kulit wajah seperti ini hampir tidak ada dalam kamus kehidupan bagi para pria. Pembawaaan mereka yang malesan, bodo amat, tidak ingin ribet, gengsi ditambah kesan tabu, “Cowok pake skincare? wut?!” menjadi alasan utama mereka untuk tidak menggunakannya.

Kalo pembicaraan perskinkeran ini dilakukan oleh cowok dengan pacarnya atau dengan temen ceweknya mungkin akan terdengar biasa aja ya, tapi bayangin gimana jadinya kalo dilakuin diantara sesama cowok?

Really? Bro?! Lu pake gituan. Macho dikit plis!

Padahal beberapa hal (pekerjaan) saat ini mulai menuntut kita untuk tampil dengan penampilan yang bagus.

Sebagian orang berpendapat, penampilan itu hanyalah bonus, tujuan utamanya tetaplah demi menjaga kesehatan kulit, terutama dari penyakit seperti panu, kadas, kurap, kutil kangker kulit. Dan pada akhirnya, mau tidak mau kalian tetap harus merawat diri, termasuk di area kulit wajah.

• • •

Kali ini saya akan coba membahas tips perawatan muka yang simpel buat cowok. Bukan hanya untuk kalian yang membaca ini, tetapi sebenarnya juga untuk diri saya pribadi.

Tulisan ini terinspirasi dari postingan sosial media, beberapa website, juga hasil observasi saya terhadap teman-teman dan kepo di berbagai forum internet.

Sedikit bocoran tentang hasil observasi ini, di luar perkiraan saya, ternyata makin ke sini makin banyak orang (cowok) yang akhirnya peduli dengan perawatan tubuh mereka, termasuk saya!

Sejujurnya saya pun baru pertama kali terjun ke dunia perskinkeran ini dan memang tidak pernah memakai produk apapun sebelumnya, kecuali sabun wajah biasa yang rutin saya pakai setelah beraktifitas, tentu tidak termasuk parfum dan deodorant.

Saya bilang simpel karena ini adalah perawatan dasar. Jangan bayangin saya akan nulis seabrek metode yang biasa dipake artis Koreya atau para beauty vlogger di YouTube. Kalian bisa melakukan riset sendiri untuk itu..

Skincare dan Men’s Grooming!

Apa yang kalian pikirkan setelah mendengar istilah skincare?

“Duh, skincare tuh bukannya kayak make up gitu yah buat cewek? Ogah ah ntar gw jadi kayak cewek kalau pake gituan.”

Kalau kalian punya pemikiran seperti itu, berarti kalian butuh banget baca tulisan ini..

Skincare merupakan perlengkapan personal care yang bertujuan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Berbeda dengan make up yang fungsi utamanya untuk memperindah penampilan wajah dan tubuh secara keseluruhan.

Skincare itu genderless, ga ada istilah hanya untuk cewek atau hanya untuk cowok saja. Dari namanya saja skin-care, bukan skin-white. Jadi jangan terlalu berharap dulu kalo skinkeran itu bisa bikin kulit kalian putih. Kita fokus saya pada perawatan untuk menjaga kesehatannya.

Men’s grooming dan skincare sebenarnya punya hubungan relasi yang kuat. Skincare adalah salah satu bagian dari men’s grooming.

Kulit Pria vs Kulit Wanita

Sebelum masuk ke produk skincare, mungkin ada yang bertanya di antara kalian, sebenarnya apa sih perbedaan kulit cewek dan cowok?

Kalau kalian menjawab kulit wanita cenderung lebih halus daripada pria sebenarnya kurang pas sih.. Kulit pria banyak yang halus kok, cuman memang pria cenderung memiliki banyak bulu di tubuhnya sehingga memberi kesan kulitnya lebih kasar.

Menurut beberapa artikel mengenai kulit pria, kulit kita umumnya lebih tebal 25% dibandingkan kulit wanita karena dipengaruhi oleh hormon androgen (testosteron). Hal ini membuat kulit pria cenderung tidak sesensitif kulit wanita dan cenderung tahan terhadap bahan-bahan aktif yang kuat.

Makanya skincare untuk pria selalu lebih “keras” daripada skincare wanita. Sedangkan bagi pria dengan kulit sensitif tidak harus memakai skincare pria, mereka bisa memakai skincare wanita karena formulanya lebih lembut.

Kulit badak Kulit badak (wiki: Badak)

Kerapatan kolagen (komponen jaringan ikat yang menjaga elastisitas kulit) pria lebih rapat dibanding kulit wanita. Itulah sebabnya dikatakan bahwa kulit wanita lebih cepat menua daripada pria, bahkan bisa saja seorang wanita punya kulit 15 kali lebih tua daripada pria dengan umur yang sama. Namun paparan sinar UV juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit pria. 1

Kulit pria juga lebih lembab daripada wanita karena keringat pria lebih asam (memiliki pH yang lebih rendah) akibat lebih banyaknya kandungan asam laktat. Asam laktat ini bersifat humectant yang menghidrasi kulit.

Pria juga punya 5 jenis kulit:

  • Normal jika tidak terlalu kering/berminyak, pori-pori tidak terlalu kelihatan, tidak sensitif.
  • Berminyak, jika pori-pori besar & kulit selalu mengkilap. Mudah timbul komedo & jerawat. Hampir semua cowok punya kulit berminyak selama pubertas.
  • Kering jika kulit terasa kasar, ada bagian yang flaky (seperti retak), dan mengelupas. Kulit kering harus hati-hati dalam memilih facial wash, harus yang formulanya lembut. Kulit kering sifatnya kurang elastis & rawan penuaan dini.
  • Kombinasi, biasanya kulit terasa kering di pipi tapi berminyak di bagian T-zone (jidat, hidung, dagu)
  • Sensitif, ini kulit yang paling rentan terkena gangguan. Salah pilih produk bisa membuat kulit alergi dan iritasi. Kemerahan, gatal, bengkak, ruam, kering yang ekstrim, dan beruntusan adalah masalah yang sering dialami pemilik kulit sensitif saat salah pakai produk.

Jadi penting sekali untuk mengetahui karakteristik kulit kalian dalam memilih produk yang tepat. Salah sedikit saja bisa membuat kulit kalian kering, makin berminyak, atau berjerawat.

Memilih Produk

Berbeda dengan cewek yang memang tahu betul tentang seluk beluk per-skincare-an, cowok umumnya asal membeli tanpa memerhatikan apakah produk itu cocok untuk jenis kulit wajahnya.

Padahal kalian gak bisa sembarang menggunakan skincare. Kalau salah memilih, yang ada justru semakin memperparah masalah kulit wajah kalian. Karena itu, kalian harus membeli produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, dan jenis wajah kalian.

Skincare pria dan wanita sebenarnya memiliki bahan yang hampir sama, sehingga tidak ada yang salah jika kalian menggunakan skincare yang ditujukan untuk wanita.

Perbedaan paling umum antara skincare pria dan wanita hanya satu, yaitu pada aroma atau pewangi yang digunakan. Sama seperti aroma parfum, skincare untuk pria cenderung ditambahkan wangi yang bersifat maskulin (misalnya musk atau wood).

Kembali lagi saya tegaskan, untuk pemilihan produk skincare lebih baik difokuskan pada fungsi dan jenis peruntukan kulitnya.

Misalnya, jika kondisi kulitmu sensitif dan berminyak, pilihlah produk skincare yang memang khusus untuk kulit sensitif dan berminyak. Kalau salah membeli dan diaplikasikan di wajah, jangan heran kalau kamu mengalami masalah wajah, salah satunya jerawat.

Berbeda dengan wanita, pria juga hanya membeli produk perawatan wajah yang mereka butuhkan. Jadi, jangan harap kami para pria bakal menggunakan serangkaian skincare di pagi atau malam hari seperti wanita.

Berapa budget yang harus dipersiapkan?

Bicara soal bujet, sebenarnya gak sedikit pria yang akan memikirkan puluhan kali jika harus merogoh kocek banyak untuk membeli produk skincare.

Umumnya pria hanya akan membeli produk skincare yang benar-benar mereka butuhkan dan harga yang ramah di kantong. Meskipun murah yang penting wajahnya tetap dirawat.

Sayang kan kalau udah beli produk perawatan wajah mahal-mahal, tapi ternyata gak cocok buat jenis kulitnya. Jadi, gak perlu sungkan bertanya ke pihak penjual jenis produk apa yang cocok untuk kalian.

Setelah dihitung-hitung, berikut kisaran bujet yang biasa dikeluarkan pria untuk membeli produk perawatan wajah:

Facial wash               :   Rp 30.000,00
Toner                     :   Rp 13.000,00
Sunscreen                 :   Rp 60.000,00
                              -------------- +
Total                     :  Rp 103.000,00

Kalau ditotal, kamu hanya perlu merogoh kocek kurang lebih sebesar 100 ribu-an saja kok untuk membeli produk perawatan wajah.

Satu lagi, jangan pernah terpatok brand tertentu ya. Sekarang sudah banyak sekali pilihan produk perawatan wajah yang ramah di kantong dan banyak dijual di pasaran.

Ingat! Murah bukan berarti murahan. Lagipula kalau ada produk perawatan wajah yang murah dan bagus, ngapain juga harus nyekek kantong buat beli skincare yang mahal.

Men’s Daily BASIC Skincare Routine

1. Cleansing

Ada beberapa macam pembersih muka, ada yang berbentuk batangan (bar soap), cair, dan cream. Yang cream bisa berjenis facial wash, facial foam, atau facial scrub.

Perlu diingat, jangan pernah melakukan ritual ini dengan sabun mandi (untuk tubuh). Pilihlah produk facial wash yang sesuai dengan tipe kulit.

Nggak selamanya juga cowok harus pake pembersih muka khusus pria. Jika nggak kuat, boleh dong pake pembersih muka yang untuk wanita. Yang berkulit sensitif malah disarankan pake produk khusus kulit sensitif.

Pembersih muka yang berbentuk batangan (bar soap) itu biasanya agak rentan dengan yang namanya kontaminasi kuman. Jika memilih bar soap, pilihlah sabun yang bersifat moisturizing dengan kandungan emollient (pelembab) seperti glycerin, jojoba oil, olive oil dan minyak tumbuh-tumbuhan yang lain.

Sekarang sedang marak sabun-sabun muka batangan yang diklaim bisa mencerahkan kulit, misalnya sabun pepaya, sabun beras. Kalo cewek, banyak yang bilang nggak cocok pake sabun semacam ini, belum kelihatan hasilnya sudah pada menyerah karena terasa kering banget di kulit.

Sedangkan pembersih wajah berbentuk cair ini sifatnya lebih lembut, cocok untuk kulit remaja cowok & kulit yang bermasalah.

Untuk jenis cream, mungkin jenis ini yang paling banyak dipakai. Ada yang jenisnya facial wash, facial foam, facial scrub. Apa bedanya?

Facial wash biasanya langsung dipijatkan pada wajah yang sudah dibasahi.

Facial foam digunakan dengan cara dibusakan dulu di telapak tangan, setelah itu busanya digosokkan ke wajah basah. Facial foam ini banyak jadi favorit cowok karena busanya yang mantap sehingga kesannya lebih bersih.

Facial scrub mengandung butiran kecil (scrub) untuk eksfoliasi (mengangkat sel-sel kulit mati). Facial scrub ada yang jenisnya daily scrub (bisa dipakai setiap hari) ada juga yang hanya disarankan dipakai 2 kali seminggu. Ikutilah petunjuk di kemasan supaya daya bersihnya maksimal dan tidak merusak kulit.

Ritual ini cukup dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tak menumpuk dan membuat wajah terlihat gelap.

2. Toner

Toner juga termasuk skincare dasar yang wajib digunakan pria setiap hari. Sebab, tak hanya bagus dalam membersihkan wajah secara tuntas, kandungan di dalamnya juga menyimpan sederet manfaat bagi kulit. Misalnya saja mampu menyeimbangkan pH kulit, menutrisi, hingga merawat wajah yang berminyak.

3. Moisturizing

Di pasaran sekarang banyak banget dijual pelembab untuk pria. Memang pembersih muka banyak yang sudah dilengkapi dengan emollient & cowok-cowok merasa sudah cukup dengan pakai pembersih muka saja.

Saya lihat jarang sih temen saya pake pelembab, karena kulit mereka rata-rata berminyak. Ada juga yang pake baby lotion karena dia berkulit kering dan agak sensitif. Dia nggak suka pake pelembab pria karena kulitnya gampang breakout, dia jelas nggak perlu pemutih.

Tapi apakah benar kulit berminyak nggak perlu pelembab? Tujuan memakai pelembab atau moisturizer adalah untuk menghidrasi kulit, menjaga agar kadar air & minyak tetap terkontrol. Jika kulit berminyak, sebaiknya pake pelembab yang oil-free dan mengandung salicylic acid. Salicylic acid dikenal sebagai bahan yang mengontrol minyak & mempercepat penyembuhan jerawat.

Mengapa pelembab pria lebih menekankan pada oil control? Ya tentu saja karena kerja kelenjar minyak pada pria lebih tinggi daripada wanita. Pelembab wanita yang khusus kulit berminyak bisa jadi kurang efektif untuk pria.

4. Sunscreen

Guys, sinar ultraviolet itu memang berbahaya untuk kulit. Meskipun cowok kulitnya lebih “kebal” dari cewek terhadap penuaan dini, terlalu banyak kena sinar UV tetap bisa merusak kulit kalian.

Sinar UV B menyebabkan sunburn, awalnya terasa panas saja di kulit, kulit jadi kemerahan dan akhirnya menggelap. Akhir-akhir ini banyak cowok yang takut tambah hitam sehingga pake produk whitening. Tapi semua produk whitening yang dipakai akan sia-sia jika kulit tidak punya perlindungan yang mantap terhadap sinar UV.

Yang lebih bahaya lagi adalah sinar UV A karena menyerap lebih dalam ke kulit, merusak sel-sel sehingga rentan terhadap penuaan dini & kanker kulit. Kulit yang kusam adalah tanda awal proses aging.

Sinar UV juga bikin jerawat lebih sulit sembuh atau mudah meradang. Memang benar itu, makanya temen-temen saya (cewek) yang berobat ke dokter untuk kasus jerawat selalu diberi resep sunscreen juga.

Untuk perlindungan maksimal, gunakan produk yang menawarkan perlindungan lama terhadap sinar UVA dan UVB juga minimal memiliki kandungan SPF 30.

• • •

Tips Umum Menjaga Kulit Bagi yang Gak Mau Ribet

Kalau melihat daftar skincare untuk pria di bagian sebelumnya, mungkin sebagian di antara kalian ada yang berpikir “ah ribet nih” dan mungkin malah jadi malas merawat kulit sendiri. Yah kalau mau kulit tetap sehat pasti perlu usaha kan..

Tapi tenang saja, berikut ini ada beberapa tips umum yang bisa tetap kalian aplikasikan kalau gak mau ribet menggunakan banyak skincare:2

1. Perawatan wajah

Ada dua hal yang perlu kalian lakukan, yaitu rajin mencuci muka dan menggunakan pembersih muka untuk mencegah timbulnya jerawat.

Cuci muka yang baik untuk kulit adalah setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pagi/siang dan malam hari. Saat cuci muka, gunakan air yang sedikit hangat agar pori-pori lebih mudah terbuka untuk dibersihkan.

Saat pulang beraktivitas, biasakan menggunakan toner untuk mengangkat kotoran di wajah. Apalagi bagi kalian yang pulang pergi dengan motor. Kalaupun wajah sudah terlanjur berjerawat, tetaplah rajin melakukan perawatan ini.

2. Minum air putih

Terdengar sepele ya? Tapi tips ini gak kalah pentingnya dengan rajin merawat muka. Supaya kulit terjaga kelembabannya, rajinlah minum air putih yang banyak. Minimal 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air putih per hari.

Sejalan dengan minum air, banyaklah makanan yang mengandung vitamin A, B, C, dan E yang banyak ditemukan pada buah dan sayur. Kandungan berbagai vitamin tersebut berguna banget untuk membuat kulit kalian tetap sehat.

3. Sunscreen is a must!

Khusus buat kalian yang tinggal di daerah terik atau sinar mataharinya menyengat, ada satu skincare yang wajib kalian pakai.

Lagi-lagi, pakailah skincare yang mengandung sunscreen pada wajah dan kulit tubuh yang lain untuk menahan pancaran sinar ultraviolet dari matahari.

Kalau kalian malas pakai, kulit kalian bakal mudah kering dan mengelupas. Dalam jangka panjang bisa berbahaya juga untuk kesehatan kulit.

Jika pergi ke daerah pantai atau negara yang sedang mengalami musim panas, sunscreen juga wajib kalian pakai. Minimal yang memiliki SPF 30 ya kalau daerah Indonesia.

• • •

Nah itulah pembahasan seputar dunia skincare pria secara umum serta tips merawat kulit yang benar buat klean..

Sekali lagi bro, hapuslah mindset bahwa perawatan tubuh dan kulit itu sesuatu yang gak manly, ribet, atau cuman untuk wanita.