Mengetahui Jadwal Musim Buah di Indonesia

Fruit is Nature's Candy

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Karena itulah Indonesia memiliki ragam jenis buah-buahan yang berbuah menurut jadwalnya masing-masing.

Bagi Anda penggemar buah-buahan, tentunya buah merupakan menu yang penting bagi makanan atau diet Anda sehari-hari. Untuk dapat memaksimalkan menu makanan yang seimbang, maka Anda perlu mengetahui jenis buah-buahan di Indonesia dan kapan saja waktu berbuahnya. Dengan demikian Anda tidak perlu bingung mencari kesana-kemari yang memang belum saatnya berbuah atau memang sudah lewat masa panennya.

Saya adalah salah satu penggemar buah-buahan. Dulunya saya bingung ketika menginginkan buah tertentu tetapi ternyata tidak ditemukan di swalayan, toko buah, atau di pasar. Pada akhirnya saya menyadari bahwa buah itu ada musimnya. Bila kita menyukai buah, sebaiknya kita memaksimalkan jangka waktu saat buah tersebut musim dan jangan sampai terlewatkan. Jangan sampai kita yang suka buah durian justru tidak memanfaatkan musim durian dengan maksimal saat musimnya tiba.

Berikut daftar tabel jadwal musim buah yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber dipadukan dengan pengalaman di lapangan dimana buah tersebut dapat ditemukan dengan mudah.

Tabel Musim Buah di Indonesia

Coba Anda diperhatikan pada grafik musim buah tersebut. Sebenarnya dalam satu tahun selalu ada buah yang hadir. Dan itu terjadi secara merata sepanjang tahun, meskipun tidak semua buah-buah tersebut terasa enak bagi sebagian besar orang. Tapi yang pasti selalu ada buah setiap bulannya.

Perhatikan kembali, terdapat penumpukan buah-buahan yang populer, enak, dan banyak digemari masyarakat. Penumpukan kehadiran buah tersebut terjadi pada awal tahun, yaitu bulan januari dan februari. Anda bisa melihat buah apa saja yang memuncak musimnya pada bulan tersebut. Sebuat saja durian, rambutan, mangga, manggis, alpokat, dll. Semuanya itu merupakan buah yang sangat enak. Pada bulan tersebut Anda perlu mengatur pengeluaran uang untuk pembelian buah, apalagi saat itu juga ada buah durian yang harganya cukup menguras kantong.

Buah durian

Sedikit catatan berkaitan dengan musim buah. Musim buah di daerah tropis sangat bergantung pada cuaca yaitu musim kemarau dan musim hujan. Pohon buah akan berbungan secara normal jika musim kemarau dan musim hujan juga normal. Namun tahun-tahun tertentu belakangan ini terjadi anomali dimana bisa terjadi tidak ada musim kemarau. Itu berarti hujan akan turun terus menerus. Dengan demikian hal ini juga akan berimbas terganggunya musim berbunga pohon buah tersebut. Dan akhirnya pada saatnya musim buah tidak ada buah yang bisa dipanen.

Dengan memahami dan mengatahui kapan saja buah-buah tersebut masuk musimnya kita dapat dengan mudah mengatur menu makanan yang dapat dipasangkan dengan buah tersebut sebagai menu pencuci mulut maupun sebagai makanan ringan di sela-sela makanan pokok. Jika Anda ingin menambahkan buah-buahan yang menarik silahkan komen di sini. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati musim buah. :)

Tulisan ini juga telah dibagikan di grup facebook Yogyakarta Low End Living


Referensi:



 You May Also Like: