Revolusi Cara Menulis Anda!

When the Writing Doesn't Come Easy

Kemampuan seseorang menulis sebuah artikel didapat secara alamiah atau dengan proses belajar. Untuk Anda yang sudah memiliki naluri seorang penulis, maka tidaklah sulit menulis artikel yang padat informasi, atraktif, dan membuat pembaca enggan mengalihkan perhatian mereka dari tulisan Anda. Namun, bagaimana jika Anda belum bisa menulis artikel dengan baik? Apakah itu berarti Anda tidak berbakat menulis? Tentu saja tidak! mari kita ikuti beberapa langkah tentang cara menulis artikel yang baik dan atraktif.

Menulis artikel atraktif sama halnya dengan memancing sekumpulan lebah madu menggunakan bunga yang berwarna menarik, nektar yang segar dan aroma yang harum. Tujuan menilis artikel atraktif adalah untuk menarik penggunjung agar terus-menerus membaca tulisan Anda. Kemampuan seseorang, termasuk Anda dalam menulis tergantung pada kemampuan alamiah Anda. Namun bukan berarti Anda tidak dapat mempelajari dan mengalahkan mereka yang sudah secara alamiah ‘pandai menulis’. Mau merevolusi cara menulis artikel Anda? Simak langkah-langkah cara belajar menulis artikel kami berikut.

##1. Banyaklah Membaca!

Ingatlah pepatah ini! Buku adalah jendela dunia! well, Membaca bukan hanya bisa Anda dapatkan dengan membaca buku saja, sih. Anda dapat membaca selebaran iklan, status teman Anda di facebook bahkan instruksi cara memasak mie instan! Point utama dari membaca dalam konteks cara menulis artikel atraktif ini sendiri adalah mempelajari pola kalimat yang digunakan dalam media-media tersebut. Jika Anda jeli dalam membaca dan menggali skill dari segala hal yang Anda baca, Anda akan memiliki kemampuan untuk membedakan mana artikel yang statis dan mana artikel yang komunikatif. Jika skill tersebut telah Anda dapatkan, berlatihlah menulis artikel atraktif. Perkaya pula artikel atraktif Anda dengan pengetahuan yang Anda dapat dari kerja keras Anda membaca. Anda tidak mungkin memberikan infoyang tidak benar pada pengunjung website Anda, bukan? 😀

##2. Tentukan Gaya Bahasa Anda!

Gaya bahasa adalah hal terpenting dalam menulis sebuah artikel. Di dunia maya sendiri, gaya bahasa menjadi ciri khas dari profesionalisme seorang blogger atau pemilik sebuah website. Pemilik website sebuah perusahaan, lembaga pendidikan dan penyedia layanan lebih merujuk pada gaya bahasa formal. Sedangkan Para blogger, lebih memilih gaya bahasa yang bercampur, antara formal dan informal. Tentukan gaya bahasa yang sesuai dengan target pengunjung website Anda. Jika target website Anda adalah mereka yang ingin mencari informasi serius (pendidikan etc) gunakanlah bahasa yang formal. Namun, jika Anda mengedepankan unsur entertaining, gunakanlah bahasa informal yang lebih santai dan mudah dipahami.

##3. Gunakan Kalimat Yang Efektif!

Untuk menulis artikel yang atraktif dan nyaman untuk dibaca, Anda harus kreatif dalam memilih diksi (memilih kalimat yang tepat) dan menyusun kalimat. Kedua faktor tersebut dibutuhkan untuk menyusun kalimat efektif, yakni kalimat yang to the point, namun tetap mampu menyampaikan tujuan dengan jelas dan tepat! Anda dapat menggunakan sinonim sebuah kata untuk menambah variasi. variasi kalimat juga dapat ditambah dengan mengubah struktur sebuah kalimat. Perhatikan contoh berikut

Biology Philosopher menyediakan artikel ilmiah bermutu

Dapat divariasikan dengan mengubah struktur kalimatnya menjadi

Anda dapat mendapatkan artikel ilmiah bermutu di Biology Philosopher

Jika Anda memperhatikan perbedaan kedua kalimat diatas, maka ragam kalimat kedua terlihat lebih santai dan ringan dalam menyampaikan informasi dibanding kalimat kedua.

##4. Gunakan Ungkapan dan Metafora

Gunakan ungkapan-ungkapan dan majas untuk mempercantik tulisan Anda. Dengan begitu, pembaca tidak akan bosan dengan artikel Anda yang kaku bak buku diktat kuliah. Dengan menggunakan majas, tulisan Anda akan lebih menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Semoga dapat membantu Anda untuk berevolusi dari penulis kaku menjadi penulis yang lebih komunikatif dan atraktif. :)



 You May Also Like: