Smartphone Terbaik Untuk Generasi Milenial

/ ANDROID 6 min read

Kebutuhan penggunaan ponsel pintar saat ini semakin beragam.

Banyak sekali perubahan dan inovasi yang terjadi pada ponsel pintar dibandingkan saat ponsel masih digunakan hanya untuk kebutuhan komunikasi saja.

Sejalan dengan perubahan kebutuhan tersebut, smartphone telah menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar sarana komunikasi biasa. Namun sudah menjelma seperti komputer dan kamera saku berteknologi tinggi, lengkap dengan kemampuan penunjang produktifitas dan multimedia.

Tentu saja, kehadiran smartphone ini sangat berarti bagi generasi kita. Gawai ternyata telah mengubah budaya, mengubah lifestyle, mengubah cara berkomunikasi, menghubungkan kita dengan banyak informasi, dan membuat hidup lebih mudah dan praktis.

Penggunaan smartphone bagi saya pribadi sudah pada level bagaimana sebuah ponsel pintar mampu menunjang produktifitas saya dalam menjalani keseharian sebagai mahasiswa.

Sebagaimana sudah saya tulis dalam artikel Menjadi Mahasiswa ‘Hi-Tech’ Kekinian, kehidupan saya sehari-hari sangat terbantu dengan adanya gawai dan smartphone yang saya miliki.

Oleh karena itu, saya pasti akan sangat mempertimbangkan smartphone apa yang akan saya beli dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan saya.

Namun pada kenyataannya, produsen smartphone saat ini telah banyak menawarkan berbagai jenis tipe, merek, fungsi dan fitur yang membuat orang-orang termasuk generasi muda seperti saya justru merasa tersesat di antara semua pilihan tersebut.

Smartphone untuk generasi milenial menurut saya bukan hanya tentang mengikuti hype dan trend saja, tetapi juga harus menuruti apa yang sebenarnya diinginkan oleh generasi milenial, memperhatikan peran ponsel dalam kehidupan mereka, dan memberikan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan yang sebenarnya.

Dengan kata lain, smartphone dambaan bagi anak muda milenial haruslah smartphone yang dapat mengikuti kehidupan digital dan mewakili gaya hidup mereka yang selalu up to date, kekinian, dan serba terdigitalisasi.

Lalu, apa saja sih kriteria smartphone yang layak dipertimbangkan untuk kalian miliki di tahun 2018 ini?

Berikut ulasannya..


Desain yang mewakili gaya hidup kekinian

Penentuan baik buruknya tampilan luar sebuah ponsel pintar saat ini memang sangat subjektif, tetapi jika kamu berniat untuk memiliki smartphone yang mengedepankan kualitas dan nilai estetika, carilah smartphone yang memiliki desain logam, kaca, atau keduanya.

Smartphone yang menggunakan bahan logam atau kaca pada luarannya bukan hanya akan memberikan kesan cantik dan futuristik, tetapi juga menawarkan kekuatan dan daya tahan yang lebih baik dibanding dengan smartphone berbahan plastik.

Huawei nampaknya ingin mewakili keinginan generasi muda milenial saat ini. Seperti yang terlihat pada kelas premiumnya (Huawei P20 Pro), Huawei nova 3i yang baru saja dirilis di Indonesia ini juga memiliki desain dua warna yang unik pada casing belakangnya, Iris Purple dan Black 1.

Huawei Nova 3i Huawei Nova 3i

Dilihat dari bentuk fisiknya memang sudah sangat millennial-minded, terkesan mahal dan elegan. Bagian depan dan belakang dilapisi kaca dan logam halus pada sisi sampingnya.

Khusus warna irish purple, bagian belakang smartphone ini tampak futuristik dengan adanya tampilan gradasi biru dan ungu bila terkena cahaya. Pastilah akan membuat kamu lebih kece dan pede saat menggunakannya. 🤩

Selain menawarkan keunikan pada kaca belakangnya, layar FullView Display 6,3 inch pada layar depan menampilkan pandangan yang luas dan jernih. Karena desain bezel yang tipis, ukuran layar tersebut tidak mempengaruhi ukuran ponsel keseluruhan.

Kerapatan 2.340 x 1.080 pixel dan tone warna pada layar menurut saya sudah sangat pas disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari, misalnya untuk streaming film, bermain game, atau sekedar melihat hasil kameranya yang canggih.

Di bagian atas layar ponsel ini juga terdapat notch atau poni yang cukup ngetren belakangan ini.

Bukan sekedar kamera ponsel

Membahas tentang kamera, hampir semua generasi milenial saat ini pasti sepakat bahwa kamera adalah fitur terpenting dari sebuah smartphone.

Di tahun 2018 ini, ada berbagai macam merk dan tipe smartphone yang berlomba-lomba menciptakan kamera ponsel dengan berbagai keunggulan. Namun hanya sedikit dari mereka yang benar-benar serius memberikan kesan baik dalam kameranya.

Apa yang membedakan kamera Huawei dari smarphone lain?

Huawei Nova 3i

Kita tahu bahwa Huawei melalui seri P20 Pro-nya merupakan salah satu produsen smartphone yang memiliki ponsel flagship dengan kamera terbaik. 2

Keberadaan 4 kamera pada Huawei nova 3i ini pasti akan menyita perhatian sebagian orang. Betul saja, semuanya sudah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence, kecerdasan buatan yang sama seperti yang ada pada seri premium Huawei P20 Pro.

Kecerdasan buatan ini akan sangat membantu dalam pengenalan objek pada bingkai kamera, sehingga ponsel akan mampu menyesuaikan pengaturan yang paling pas untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih baik.

Tidak cukup dalam hal fotografi, buat kamu yang juga suka merekam apa saja di sekitarmu, Huawei nova 3i memiiki keunggulan resolusi Full HD Video dengan hasil jernih dan tajam.

Tak ketinggalan, terdapat fitur Augmented Reality dengan nama QMoji yang dapat menggantikan ekspresi wajah penggunanya menjadi karakter lain.

Selain itu, mode 16x Super Slow Motion-nya juga dapat merekam video dalam mode gerak lambat hingga 480 frame per detik 1.

Sejujurnya saya belum pernah secara langsung menjajal kualitas kamera ponsel ini. Namun saya yakin dengan empat kamera berteknologi AI 24 MP + 2 MP di bagian depan dan 16 MP + 2 MP di belakang, Huawei nova 3i mampu menunjukkan hasil kamera yang terbaik di kelasnya.

Kapasitas penyimpanan yang besar

Kualitas kamera dan pengunaannya pastilah berbanding lurus dengan penggunaan kapasitas penyimpanan.

Semakin banyak kamu mengambil gambar, semakin sering kamu merekam video, maka semakin berkurang juga memori dalam ponselmu.

Atau kita mungkin sering mendengar pepatah lama mengatakan,

Semakin lama smartphone yang kamu gunakan, semakin lemot yang kamu rasakan.

Kenapa bisa begitu? Apa penyebabnya?

Beberapa penyebab menurut Robert Merkel dari Monash University yang dikutip dari Kompas.com, hal ini terjadi karena memori yang overload, cache yang berlebih, dan terlalu banyak memasang aplikasi. 3

Namun kamu tak perlu khawatir karena Huawei nova 3i ini sudah menyiapkan 128GB pada total penyimpanan internalnya.

Urbandigital

Saya rasa sudah tidak perlu lagi membeli memori tambahan untuk ponsel ini. Juga tidak terlalu masalah kalau kamu memasang banyak game dan aplikasi. 😂

Performa luar biasa

Sebelum saya lanjutkan, ada beberapa pertanyaan:

Seberapa sering kamu merasa jengkel dan dongkol ketika ponselmu tiba-tiba ngadat disaat momen penting?

Seberapa puas kamu dengan kinerja ponselmu saat ini?

Penilaian performa sebuah smartphone bukan hanya dinilai dari seberapa kuat dia mampu mengangkat game berat dengan pengaturan grafis terbaik, tetapi juga dilihat dari seberapa efektif dan efisien sebuah smartphone mampu menjalankan bermacam aplikasi dalam waktu bersamaan dan berapa lama daya baterainya mampu bertahan.

Dengan chipset Hisilicon Kirin 710 berukuran 12nm dipadukan dengan CPU Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53) dinilai membuat Huawei nova 3i ini lebih wus-wus tetapi tetap hemat daya.

Dalam performa, Huawei nova 3i juga digadang sebagai smartphone pertama yang diluncurkan dengan GPU Turbo. Huawei sendiri mengklaim bahwa GPU Turbo ini mampu meningkatkan kinerja grafis sampai 60% dengan efisiensi daya 30% lebih hemat dibandingkan tanpa GPU Turbo.

Saya yakin RAM 4GB sudah lebih dari cukup untuk multitasking berbagai macam game dan aplikasi. Dampaknya adalah performa multitasking dan mode split screen di sejumlah aplikasi berjalan dengan halus dan lancar tanpa lag & freeze.

Konklusi..

Huawei Nova 3i

Pada akhirnya, ponsel terbaik bagi generasi milenial adalah ponsel yang mampu mengimbangi kehidupan digital dan mewakili gaya hidup mereka yang kekinian, up to date, dan serba terdigitalisasi.

Huawei nova 3i telah mewakili kebutuhan smartphone bagi generasi milenial. Desain luar premium dan futuristik, kamera berteknologi tinggi, dan performa luar biasa telah membuat smartphone ini memenuhi kriteria yang layak kamu miliki di tahun 2018! 45


sigit

@S_Purwadi

I'm the admin, dude!
I’m still writing the bio which feels like the hardest thing I’ve ever written.

Read More